Skip to main content

Cara Berbeda Merangkul Papua




Sejarah perjalanan rakyat Papua selama ini lebih lekat dengan kegetiran, tanah Papua yang kaya akan kekayaan alam tak cukup mampu mengangkat harkat kehidupan sebagian besar masyarakat diujung timur nusantara ingatan yang terbenak dalam kepala masyarakat Papua yang kembali ke pangkuan NKRI lebih dari ingatan kepedihan kekerasan yang terus terjadi dan diturunkan itu pada generasi berikutnya membuat cara pandang mereka terhadap negara sangat sinis. 


Kondisi ini makin akut ketika sejumlah elit di pemerintahan baik daerah maupun pusat terkesan memelihara ketimpangan tersebut. Dalam pengucuran otsus misalnya Papua dan Papua Barat mendapatkan
kucuran dana yang sangat besar. Sejak 2001 sampai 2014 tercata 57,7 T dana yang diterima Papua dan Papua Barat. Sayangnya IPM Papua masih merayap di urutan terkahir seindonesia 3 tahun lalu skor IPM Papua 65,86 menjadikan IPM Papua terendah secara nasional yang rata-rata 73,29. Wajar belaka bila kondisi tersebut membuat ketidakpuasaan kondisi masyarakat di Papua dengan level dari yang ringan hingga yang ekponensial.

Tapi celakanya selama ini pendekatan keamanan yang cenderung represif dipilih pemerintah setiap ada yang bersuara lantang dialog secara serius, pemenuhan akan janji-janji politik serta keinginan memberdayakan Papua masih jauh panggan dari api. 

Karena itulah kita sangat mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang  bertekad  untuk melakukan pendekatan humanis, dialogis, dan mengedepankan kesejaterhan bagi rakyat Papua. yang sangat dirindukan masyarakat Papua tetapi selama ini hampir menjadi teriakan kosong tak bersambut. Saat berkunjung ke Papua, Sabtu 9 Mei Presiden memberikan grasi kepada 5 tahan politik Papua dan Papua Barat. 

Presiden mengatakan upaya itu merupakan perhatian pemerintah untuk menghentikan stigma politik yang selama ini bergema di Papua dan Papua Barat. 


Kita ingin menciptakan Papua dan Papua Barat sebagai negeri yang damai, jadi jangan dipanas-panasi lagi. 


6 Triliun yang dikucurkan untuk pembangunan jembatan dan jalan transpapua, irigasi, sanitasi dan air minum serta perumahan. Pasar Praha sebagai pasar terintegrasi dengan terminal. Langkah ini mengingatkan kita sebagaimana pemimpin dinegeri ini yang menunjukan langkah kemanusiaan demi mewujudkan kesejaterahan yang sebenar-benarnya bagi masyarakat. 


Negeri ini tidak mengingkan anyam bangsa yang indah dan warna-warni dipermukaan tetapi didalamnya penuh dengan kekarut-marutan akibat pendekatan represif yang menakutkan.

Comments

Popular posts from this blog

FULL ISI PUTUSAN MK DAN TANGGAPAN PRABOWO SANDI " MENCARI JALUR HUKUM LAINNYA"

Perjalanan panjang sengketa Pilpres hari ini menjadi titik terang bagi seluruh rakyat Indonesia. Putusan Nomor 01/ PHPU-PRES/XVII Sebanyak 1.944 Halaman dibacakan hingga Pkl 21:16 dimana MK memutuskan untuk menolak seluruh gugatan pemohon Prabowo Sandi. Berikut ini adalah full putusan MK download
Setelah MK membacakan hasil putusan tersebut seluruh petinggi partai koalisi pun mengadakan konferensi pers menyikapi putusan MK. Pada barisan depan nampak Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, serta beberapa petinggi partai koalisi mendampingi Prabowo Sandi membacakan tanggapan terhadap hasil putusan MK malam ini. Di kediaman pribadi Prabowo Subianto Jalan Kertanegara No 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Setelah membacakan pernyataan sikap tersebut Prabowo dan Petinggi Partai Koalisi kembali masuk ke rumah pribadinya. Tidak begitu lama melalui akun twitter @fadlyzon membagikan isi pernyataan Prabowo Sandi. Berikut ini: 



Sandiaga Uno pun memberikan semangat kepada para pendudkungnya untuk tidak b…

Bocoran Menteri Muda Pilihan Jokowi. Bahlil Anak Papua satu-satunya?

Sumber: Sekretariat Kabinet, Twitter Orang Lama Kerja Cerdas
Kerja cepat, cerdas dan tegas adalah bagian dari tipe Jokowi selama memimpin pada periode awal. Eksekusi lapangan menjadi prioritas Jokowi sehingga apa yang dibutuhkan di lapangan secara cepat terimplementasi. Periode pertama tidak nampak anak muda yang bekerja sebagai menteri untuk Jokowi yang ada hanyalah mereka pemilik masa lalu yang menduduki posisi tersebut. Walau demikian ada catatan dari penulis untuk Jokowi agar tetap mempertahankan orang lama di posisi menteri, sebab punya pengaruh besar. Berikut ini nama menteri usulan penulis untuk dipertahankan oleh Jokowi.
1. Sri Mulyani Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D adalah wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Wanita hebat yang sebelumnya meninggalkan jabatan besar World Bank demi mengabdi bagi Indonesia. Sri Mulyani merupakan menteri yang terus melalukan reformasi pada kantornya,  selain itu Sri Mulyani merupakan m…

Hasil Penilaian Essay Temu Administrator Muda Indonesia 2019

Hallo Para Administrator Muda Indonesia,
kami menyampaikan terima kasih telah melakukan partisipasi melalui pendaftaran hingga pengumpulan essay guna mengikuti kegiatan Temu Administrator Muda Indonesia 2019 di Universitas Sebelas Maret. 
Dibawah ini adalah hasil penilaian essay anda, silakan di download. 
Hasil Penilaian Essay
Seusai melihat hasil kepada delegasi yang terpilih kami sampaikan selamat pihak kampus akan menanggung kegiatan yaitu tiket PP Jayapura - Surakarta dan kepada yang tidak terpilih anda tetap punya kesempatan untuk mengikuti kegiatan Temu AdMI dengan catatan menanggung biaya sendiri. 
Kepada delegasi terpilih diharapkan menghubungi Steering Committee terkait TOR Temu Admi 2019 Universitas Sebelas Maret serta mendapatkan Dosen Pembimbing sesuai arahan SC masing-masing universitas. 
Salam.